Konsultasi Syariah Istri Emosional Karena Suami Chat Mesra Wanita Lain Dan Istri Siap Cerai Lalu Apa Yang Harus Dilakukan Suami?


๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹

๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ธโ€Œ๐Ÿ‡นโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ ๐Ÿ‡ชโ€Œ๐Ÿ‡ฒโ€Œ๐Ÿ‡ดโ€Œ๐Ÿ‡ธโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ดโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ฑโ€Œ
๐Ÿ‡ธโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ฒโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ญโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡นโ€Œ ๐Ÿ‡ฒโ€Œ๐Ÿ‡ชโ€Œ๐Ÿ‡ธโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ
๐Ÿ‡ผโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡นโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ ๐Ÿ‡ฑโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ณโ€Œ
๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ธโ€Œ๐Ÿ‡นโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ ๐Ÿ‡ธโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ตโ€Œ ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ชโ€Œ๐Ÿ‡ทโ€Œ๐Ÿ‡ฆโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ

๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹๐ŸŒ‹

#โƒฃ #broadcastquantumfiqih
No.: KS/8/I/19/QUFI
Topik: 1โƒฃ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihnikah_

๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ

Konsultasi Syariah *279 – Istri Emosional, Suami Chat Mesra Wanita Lain, Istri Siap Cerai*

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
_Pertanyaan_
Assalamualaikum ustadz….
๐Ÿ“‚ Akhir2 ini saya sering merasa kurang nyaman dg sikap istri saya,dia sering marah2 kalau mendidik anak,saya mau ini itu salah melulu menurut dia hingga kebutuhan *jasmani* dia sering nolak. Sehingga pelampiasan saya chat dg teman wanita lain meskipun gak ada niat utk selingkuh namun isi chat ada unsur kata2 mesra.istri saya mengetahuinya dan dia blm bisa maafkan saya.apa sebaiknya yg harus saya lakukan ustadz?๐Ÿ™ Saya nikah 6th yg lalu ust.dia tidak maunya jimak karena alasan capek dan tidak ada hasrat utk itu.ya memang kadang masih mau tp sering nolak krna alasan di atas

๐Ÿ“ Ditanyakan oleh seseorang pada _29 Januari 2019_

โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
_Jawaban_
๐Ÿ’– Sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana suami menyikapi istrinya yang berselingkuh. Kali ini izinkan saya menjelaskan bagaimana istri menyikapi suaminya yang selingkuh sesuai pertanyaan. Sebelumnya, kita harus memposisikan perselingkuhan sesuai porsinya. Jangan semua perselingkuhan disamakan respon untuknya.

๐Ÿ’œ Istri harusnya merespon perselingkuhan suami harus dengan penuh perhitungan. Jika sekedar chat mesra dengan wanita lain, yang bukan istri sah melalui poligami, maka istri tidak bisa langsung menggebuknya begitu saja. Jika suami sudah berani berzina, istri berhak membentaknya, mendampratnya, melabraknya dan melabrak wanita yang dizinai suami, bukan sekedar mengkritiknya dengan santai dan santun. Proporsional kuncinya.

๐Ÿ”Š Sebenarnya mengobrol (chat) via media sosial antar lawan jenis itu bukan termasuk khalwat secara mutlak. Namun ada juga ulama yang mengategorikan chat apapun di media sosial antar lawan jenis itu khalwat secara mutlak. Baru menjadi haram bila ada unsur mesra dan intim, dan itu sudah termasuk perselingkuhan.

๐Ÿ†˜ Menurut KBBI, selingkuh artinya suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri; tidak berterus terang; tidak jujur; curang; serong; suka menyeleweng. Secara istilah, perselingkuhan artinya hubungan khusus yang intim namun tidak sah secara agama maupun hukum negara antara dua insan yang masing-masing sudah berumah tangga atau salah satunya.

๐Ÿ”ž Wajar bila respon istri marah besar terhadap suaminya yang melakukan chat mesra dengan wanita lain. Meski yang harus ditanyakan, apa penyebab suami sampai berpikir untuk mencari โ€˜tempat curhatโ€™ selain istri? Apakah istri tidak pernah membuka ruang curhat bagi suaminya? Atau suamikah yang memang tidak mau berusaha membuat istrinya berkenan menjadi media curhatnya?

โ˜Ž Secara teknis, kami tidak bisa menentukan siapa yang salah dalam kasus ini. Namun, dari diksi tuturan penanya, kita menjadi tahu bahwa istri sering marah-marah dalam mendidik anak. Marah-marah tanpa alasan yang benar jelas salah. Mendidik dengan kemarahan tidak selamanya benar.

๐ŸŽ€ Sebelum suami memutuskan meninggalkan istrinya, Suami perlu menelisik apa penyebab istrinya mudah marah-marah. Sebab, sudah karakter, wanita itu lebih sulit mengatur emosi dan psikologis, apalagi jika sedang datang bulan. Suami juga perlu menasehati dengan massif dan simultan agar istrinya menjadi lembut. Suami wajib mendoai istrinya, tidak hanya sekali-dua kali, agar istrinya menjadi lembut.

๐Ÿš‡ Kemudian, menjadi dosa yang kedua, istri menolak memenuhi kebutuhan jasmani suaminya. Misalnya, istri tidak mau memijat suami yang kelelahan bekerja. Secara asal memang dosa. Menjadi tidak berdosa jika suami memang tidak pantas untuk dilayani secara jasmani. Misal suami sudah malas melayani istrinya, suami menolak makan masakan istrinya, suami enggan membantu pekerjaan rumah, padahal suami mampu dan tidak dalam kondisi sakit.

๐ŸŽฌ _Tidak salah mutlak jika istri menolak suami, hanya itu cara kurang bagus dalam berumah tangga._ Jika suami bersalah, tidak harus disikapi dengan yang serupa. Jika istri bersalah, tidak harus disikapi dengan yang serupa. Suami yang sudah berselingkuh jangan marah jika istri menolak diajak berhubungan intim. Istri berhak, dalam kondisi tersebut, sekalipun perselingkuhannya ringan.

๐Ÿš’ Untuk kasus chat mesra, istri masih sangat dianjurkan untuk memaafkan selagi suami mau berhenti dan tidak mengulangi. Namun istri juga perlu mengoreksi diri, kenapa sampai suami memutuskan seperti itu? Kecuali jika suami memang tidak mau menjalani rumah tangga secara normal.

๐Ÿš€ Memaafkan bukan berarti mendiamkan atau membiarkan suami. Mengabaikan suami terus-terusan chat mesra karena saking jengkelnya adalah keputusan yang salah besar. Pernikahan tidak menjadi fasakh (rusak) gara-gara chat mesra. Kalaupun suami melakukan lagi padahal sudah berjanji untuk tidak mengulangi, tidak menjadi batal pernikahan.

๐Ÿšœ *Tidak perlu juga menuduh orang yang berselingkuh itu berzina*. Sekalipun ada tanda-tanda dan kecurigaan, jika tidak benar-benar kita tahu sendiri kejadian perzinaan, alias menangkap basah, atau dari rekaman CCTV yang asli atau pelaku perzinaan mengaku sendiri, maka kita akan terkena hadd qadzaf yaitu hukum cambuk 80 kali. *Tapi dari tanda-tanda itu kita bisa memarahi siapa saja yang ternyata berzina tapi tidak ketahuan.*

๐Ÿšง Jangan lupa pula istri untuk mendoai suami agar berhenti dari kebiasaan jijiknya tersebut. Jangan cuma memarahi, tapi doai. Minta bantuan orang-orang shalih untuk mendoai. Begitu pula, berusahalah menjadi istri yang selalu stand by untuk disetubuhi suami. Sebab, kata Nabi kepada kaum pria,
ุฅูุฐูŽุง ุฑูŽุฃูŽู‰ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู‹ ููŽุฃูŽุนู’ุฌูŽุจูŽุชู’ู‡ู ููŽู„ู’ูŠูŽุฃู’ุชู ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽู‡ู ููŽุฅูู†ู‘ูŽ ู…ูŽุนูŽู‡ูŽุง ู…ูุซู’ู„ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู…ูŽุนูŽู‡ูŽุง
_โ€œJika engkau melihat seorang wanita, lalu ia memikat hatimu, maka segeralah datangi istrimu. Sesungguhnya, istrimu memiliki seluruh hal seperti yang dimiliki oleh wanita itu.โ€_ *[Jamiโ€™ At-Tirmidzi]*

๐Ÿš Lha kalau istri tidak mau disetubuhi suaminya pada momen tersebut, lalu bagaimana kondisi sanubari suami selanjutnya? Bukan tidak mungkin justru suami akan mencari pelampiasan lain. Salah siapa? Bisa jadi salah istri.

โ›บ Perselingkuhan adalah pengkhianatan. Pengkhianatan hanya menyisakan akibat yang memalukan dunia-Akhirat. Dari Abu Saโ€™id radhiyallahu โ€˜anhu, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,
ู„ููƒูู„ู‘ู ุบูŽุงุฏูุฑู ู„ููˆูŽุงุกูŒ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู ูŠูุฑู’ููŽุนู ู„ูŽู‡ู ุจูู‚ูŽุฏู’ุฑู ุบูŽุฏู’ุฑูู‡ู ุฃูŽู„ุงูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ุบูŽุงุฏูุฑูŽ ุฃูŽุนู’ุธูŽู…ู ุบูŽุฏู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ููŠุฑู ุนูŽุงู…ู‘ูŽุฉู
_โ€œDi Hari Kiamat kelak setiap pengkhianat akan membawa bendera yang dikibarkannya tinggi-tinggi sesuai dengan pengkhianatannya. Ketahuilah, tak ada pengkhianatan yang lebih besar daripada pengkhianatan seorang penguasa terhadap rakyatnya.โ€_ *[Shahih Muslim]*

๐Ÿช Ingat, Selingkuh bukanlah solusi dalam menangani masalah dan stress yang diderita. Bahkan dengan selingkuh tersebut, seperti halnya ingin keluar dari cengkraman mulut buaya, namun justru masuk ke dalam kandang singa. Hanya pemikiran cingkrang saja yang memutuskan perselingkuhan sebagai solusi kekecewaan dalam berumah tangga. *Hanya suami penakut saja yang memilih perselingkuhan daripada mendidik dan memperbaiki istrinya.*

๐Ÿ“ Dijawab oleh *Pak Jibril* (Haji Brilly)
โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–โž–
๐ŸŒ Kunjungi https://quantumfiqih.wordpress.com

๐ŸŒ Kunjungi http://islamicboardingschool.wordpress.com

๐ŸŒ Kunjungi http://kopassuss.wordpress.com

๐Ÿ“’ BCQUFI melalui Yayasan Shadaqah Jariyah Quantum Fiqih Ar-Rasyidiyyah (YADARIQUFIYA) membuka kesempatan kepada para donatur dan masyarakat luas yang ingin bershadaqah berupa pakaian bekas layak guna. Direncanakan, YADARIQUFIYA akan mengadakan buka puasa bersama sekaligus peresmian Mushalla Al-Istiqamah dan bakti sosial pada bulan Ramadhan 1440 H. Kurang lebih ada 40 faqir miskin di sekitar Mushalla.

๐Ÿš YADARIQUFIYA juga masih membuka kesempatan berinfaq untuk pengelolaan BCQUFI dan pembangunan aplikasi Android FIQIHEDUPEDIA.

๐ŸŽ™ Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp ๐Ÿ‡งโ€Œ๐Ÿ‡จโ€Œ๐Ÿ‡ถโ€Œ๐Ÿ‡บโ€Œ๐Ÿ‡ซโ€Œ๐Ÿ‡ฎโ€Œ di *+62 821-4088-8638* dengan menyebutkan nama dan kota asal.

โš  Jangan lupa simpan nomor ini dengan nama *KONSULTASI SYARIAH* agar bisa mendapatkan broadcast whatsapp dan tidak terlewat. Karena _jika nomor ini tidak disave di daftar kontak di smartphone Anda, maka akan tidak bisa mendapatkan broadcast._

About quantumfiqih

Quantum Fiqih hanyalah sebuah rumus sederhana yang mencoba memudahkan untuk mempelajari Islam secara singkat namun mendalam.

Posted on 29 Januari 2019, in Fiqih Nikah and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar