Dunia Tidak Ada Apa-Apanya


Oleh Brilly El-Rasheed

 

Kenapa harus berbuat haram dalam menjemput rizqi, padahal rizqi sudah dijamin oleh Allah dan tidak akan pernah meleset ataupun terluput. Andaipun kita jadi hidup kurang leluasa gara-gara kita mengikuti ketentuan Allah dalam menjemput rizqi, ingatlah ketidakleluasaan itu hanya sebentar dan nanti saat kita sudah ada di surga, semua ketidakleluasaan itu akan hilang dari ingatan kita. Begitupun jika kita mendapatkan kenikmatan hidup dengan jalan yang haram, sadarilah bahwa nanti di akhirat semua kenikmatan rizqi haram akan hilang dari ingatan kita seolah tak pernah kita rasakan.

Rasulullah shallahu’alaihi wa sallam bersabda,

يُؤْتَى بِأَنْعَمِ أَهْلِ الدُّنْيَا مِنْ أَهْلِ النَّارِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَيُصْبَغُ فِي النَّارِ صَبْغَةً ثُمَّ يُقَالُ لَهُ يَا ابْنَ آدَمَ هَلْ رَأَيْتَ خَيْرًا قَطُّ هَلْ مَرَّ بِكَ نَعِيمٌ قَطُّ فَيَقُولُ لَا وَاللَّهِ يَا رَبِّ وَيُؤْتَى بِأَشَدِّ النَّاسِ فِي الدُّنْيَا مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَيُصْبَغُ فِي الْجَنَّةِ صَبْغَةً فَيُقَالُ لَهُ يَا ابْنَ آدَمَ هَلْ رَأَيْتَ بُؤْسًا قَطُّ هَلْ مَرَّ بِكَ شِدَّةٌ قَطُّ فَيَقُولُ لَا وَاللَّهِ يَا رَبِّ مَا مَرَّ بِي بُؤْسٌ قَطُّ وَلَا رَأَيْتُ شِدَّةً قَطُّ

“Akan didatangkan seorang penghuni neraka yang paling nikmat hidupnya di dunia, lantas ia dicelupkan ke dalam neraka dengan sekali celupan. Kemudian ia ditanya, wahai anak Adam apakah kamu pernah merasakan kesenangan, apakah kamu pernah mencicipi kenikmatan? maka dia menjawab, ‘tidak, wahai Tuhanku’. Kemudian didatangkan seorang penghuni surga yang paling susah hidupnya di dunia, lantas ia dicelupkan ke dalam surga dengan sekali celupan, kemudian ditanya, wahai anak Adam apakah kamu pernah merasakan kesusahan? apakah kamu pernah mencicipi kegetiran hidup? maka ia menjawab, tidak, wahai Tuhanku. Saya tidak pernah merasakan kesusahan dan tidak juga pernah merasakan kegetiran hidup sama sekali”. [Musnad Ahmad no. 12638; Shahih Muslim no. 2807; Al-Jami Ash-Shaghir no. 13960]

About quantumfiqih

Quantum Fiqih hanyalah sebuah rumus sederhana yang mencoba memudahkan untuk mempelajari Islam secara singkat namun mendalam.

Posted on 9 Juli 2013, in Fiqih As-Sunnah and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar